Minggu, 10 September 2023

Tower Bridge: Ikon Megah Kota London


Tower Bridge merupakan jembatan yang membentang di atas Sungai Thames London, Inggris. Jembatan ini yang menggabungkan antara dua desain jembatan yaitu bawah dan gantung. Dan letaknya yang berdekatan dengan London Tower sehingga membuat jembatan ini diberi nama Tower Bridge. Jembatan ini juga berhenti didirikan pada tahun 1894, yang merupakan salah satu ikon Kota London.

Tower Bridge atau Jembatan Menara adalah salah satu jembatan yang dimiliki dan juga dikelola oleh Bridge House Estates, sebuah lembaga amal dari City of London Corporation.

Sejarah Tentang Tower Bridge

Jembatan ini dibuat antara tahun 1886 dan 1894, tujuan dari jembatan ini adalah untuk memudahkan lalu lintas jalan dan pejalan kaki untuk mempertahankan pintu masuk ke bagian tengah sungai Thames. Jembatan kaku yang legendaris tingkat pengadilan tidak dapat dibuat karena akan bertindak sebagai penghalang jalan untuk kapal tinggi. Dan pada tahun 1876, ada perlombaan desain jembatan, yang akhirnya, jembatan bascule terpilih. Pembangunan ini dimulai pada tahun 1886 dan diperpanjang hingga delapan tahun bertujuan memberikan penyelesaian akhir.

Sepasang menara pada jembatan yang dibangun di atas dermaga mungkin merupakan perspektif Jembatan yang paling berbeda. Jalur layang pada tengah menara baru adanya untuk umum pada tahun 1982 dengan mengusung konsep Pameran Tower Bridge. Pameran ini membawa wisatawan kepada seluruh sejarah Tower Bridge dan ruang-ruang mesin bergaya Victoria yang awalnya memberdayakan peninggian jembatan. Dan pada tahun 1974, mekanisme dari operasi utama sebagian besar tergantikan oleh sistem elektro-hidrolik.

Pengangkatan jembatan ini tidak seperti sesuatu yang dioperasikan sebagai rasa ingin tahu. Sesuai dari Undang-Undang Korporasi London 1885, Korporasi Kota London diperlukan untuk membangung jembatan bagi kapal yang terdaftar dengan suprastruktur atau tiang yang setinggi tiga puluh kaki atau lebih.

Fakta Tower Bridge

Tower Bridge yang terlihat megah ini adalah tempat dengan banyak kejadian dan perubahan yang telah ada pada arsitektur dan pondasi. Untuk mengatasi masalah tersebut dalam ke dalam kejadian kehidupan sehari-hari. Daftar fakta dari Tower Bridge sangat banyak sekali, tetapi kami sekarang akan memberikan informasi fakta yang mungkin belum  kamu dengar.

1. London Bridge bukanlah nama aslinya

Terdapat banyak kesalahpahaman umum terhadap bangunan yang terdiri dari jembatan dan menara itu London Bridge. Dalam beberapa sumber bahwa nama bangunan ini sebenarnya adalah Tower Bridge. Dan dalam beberapa sumber lainnya mengatakan nama bangunan ini adalah Tower of London. Tetapi, orang-orang lebih mengenal bangunan ini dengan nama London Bridge.

2. Awalnya memiliki lebih 50 desain

Pada saat mengambil keputusan membangun jembatan, adanya kontes desain terlebih dahulu. Faktanya terdapat lebih dari 50 desain untuk membangun jembatan ini. Dan pada akhirnya, pada tahun 1884 desain oleh seorang arsitek, Sir Horace Jones, terpilih untuk membangun jembatan ini.

3. Ukuran dari jembatan (Tower Bridge)

Jembatan ini juga memiliki panjang sekitar 800 kaki atau sekitar 244 meter dengan dua menara masing-masing setinggi 213 kaki. Bangunan ini ada pada sebuah dermaga dengan rentang tengah sepanjang 200 kaki (61 meter).

Dan antara menara-menara tersebut, terbagi menjadi dua batang yang sama besarnya. Yang dapat menambah ke sudut 86 derajat untuk memungkinkan lalu lintas sungai lewat. Dari dua bagian ini namanya Bascules. Dan pada masing-masing beratnya lebih dari 1.000 ton.

4. Tempatnya wanita malam

Jalan setapak yang terdapat antara menara itu tempatnya wanita malam (pelacur) dan juga pencopet. Jalanan ini bisa terakses dengan tangga. Oleh karena itu, jalan ini jarang terlalui pejalan kaki biasa. Dan pada tahun 1910 jalan ini ditutup dan dibuka lagi pada tahun 1982 untuk pameran.

5. Pembukaan jembatan

Pada biasanya jembatan dibuka untuk lalu lintas kapal setidaknya sehari sekali. Tetapi jika kapal ingin lewat dan memutihkan jembatan terbuka, orang tersebut harus meminta izin terlebih dahulu.

6. Pelintas pada jembatan

Rupanya jembatan ini bisa lebih dari 40.000 orang yang lewat pada setiap harinya. Jembatan ini yang memotong Sungai Thames menjadi salah satu yang membantu untuk menghemat waktu. Selain itu juga, jembatan ini memiliki peraturan untuk menjaga integritas struktur pada bangunannya. Dari perusahaan Kota London telah memberlakukan pembatasan kecepatan 20 mil per jam, dengan batas berat 18 ton pada kendaraan.

7. Pembangunan pada era Victoria

Walaupun jembatan ini terlihat tua, pembangunan jembatan pada tahun 1886 puncak era Victoria. Bangunan ini yang terbuat dari baja dan terdiri dari dua menara yang ada pada dermaga. Dan pada dasarnya bangunan ini terbuat dari rangka baja yang berlapis batu, pada prinsip desain yang tidak berbeda dengan bangunan modern.


Referensi
https://mediamaz.co.id/fakta-dan-sejarah-tower-bridge-di-kota-london/
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © Perpustakaan Wijaya Bhakti | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com