• PERPUSTAKAAN WIJAYA BHAKTI

    Selamat datang di website Perpustakaan Wijaya Bhakti SMA Negeri 1 Sewon. Pada website ini Anda dapat mengetahui profil, jenis-jenis layanan, dan katalog online (OPAC) di Perpustakaan Wijaya Bhakti.
  • SMA NEGERI 1 SEWON

    Silakan sampaikan kritik dan saran Anda yang bersifat membangun melalui kolom komentar dan sosial media perpustakaan demi kemajuan Perpustakaan Wijaya Bhakti.
  • NPP : 3402151E1000001

    Terima kasih atas kunjungan Anda. Kami berharap dengan adanya website ini dapat memberikan manfaat bagi Anda.

Jumat, 12 April 2024

PARIWISATA: MARI MENGENAL BERBAGAI TEMPAT WISATA MENARIK DI KABUPATEN BANTUL

traveloka.com

Terdapat banyak wisatawan yang mendatangi Kabupaten Bantul untuk berkunjung ke berbagai tempat wisatanya. Berdasarkan Satu Data Bantul, jumlah pengunjung destinasi pariwisata menurut asal wisatawannya pada tahun 2021 tercatat 83.92 orang, tahun 2022 tercatat 1.570.723 orang, dan pada tahun 2023 tercatat 798.845 orang. Sebagai upaya untuk kembali meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan yang turun pada tahun 2023, mari kita mengenalkan berbagai tempat wisata yang menarik di Kabupaten Bantul.  

Perlu kita ketahui di Kabupaten Bantul terdapat banyak  destinasi wisata yang bisa  dikunjungi. Destinasi wisata di Kabupaten Bantul memiliki berbagai metode pembuatan, terdapat destinasi wisata yang terbuat melalui campur tangan manusia  dan terdapat destinasi wisata yang terbuat secara alami tanpa campur tangan manusia.  

Maka dari itu, kita sebagai generasi muda juga harus ikut melestarikan keindahan destinasi di Kabupaten Bantul. Hal tersebut bertujuan supaya wisatawan yang berkunjung dapat menikmati keindahan serta ikut melestarikan destinasi wisata di Kabupaten Bantul. Berikut ini beberapa destinasi wisata di Kabupaten Bantul yang cocok dikunjungi sebagai destinasi wisata.

PANTAI PARANGKUSUMO 

bantul.desa.id

Salah satu Pantai popular di  Bantul yang mempunyai pemandangan alam indah. Terdapat sebuah bangunan yang disebut dengan Cepuri di Pantai Parangkusumo. Cepuri tersebut beroso duah buah batu yang dinamakan Batu Cinta. Legenda menyebutkan bahwa batu cinta ini terbentuk dari hati pasangan kekasih yang saling mencintai namun tragis berpisah.

PANTAI PARANGTRITIS 

jogja.idntimes.com

Merupakan Kawasan wisata Pantai dengan Pantai yang landai berpemandangan bukit berbatu di bagian timurnya. Pantai ini mempunyai pemandangan yang unik dan tidak terdapat pada obyek wisata lain. Pantai ini juga menarik banyak wisatawan domestik maupun mancanegara untuk menikmati keindahan alam. Parangtritis memiliki nilai-nilai budaya dan tradisi yang kuat, seperti kepercayaan Masyarakat setempat terhadap Nyai Roro Kidul, Ratu Laut Selatan.

HUTAN PINUS MANGUNAN

id.m.wikipedia

Adalah hutan yang didominasi oleh pohon pinus. Pohon pinus dipilih karena cocok dengan kondisi iklim dan tanah di wilayah tersebut. Daya tarik dari destinasi wisata ini adalah udara sejuk yang dihasilkan dari banyaknya pohon pinus yang tinggi dan rindang di sekitar tempat wisata.  Udara sejuk dan bersih tersebut kemudian dimanfaatkan oleh wisatawan untuk menyegarkan pikiran (healing) dengan melihat pepohonan hijau yang rindang. 

KEBUN BUAH MANGUNAN 

kumparan.com

Adalah Destinasi wisata yang dijuluki sebagai Negeri di atas Awan.  Hal tersebut dikarenakan pemandangan yang dihasilkan dapat memanjakan mata, salah satunya yaitu pemandangan Sungai Kabut yang indah. Wisata ini juga menawarkan pengalaman menikmati aneka buah-buahan segar langsung dari pohonnya dalam suasana alam yang asri.

CURUG PULOSARI 

travel.kompas.com

Merupakan salah satu tempat wisata di Bantul yang menawarkan keindahan alam yang sangat menyegarkan. Tempat wisata ini menyajikan pemandangan air terjun jernih yang dikelilingi pepohonan rindang dan udara yang segar.  Wisatawan dapat menghilangkan rasa penat ketika berada di Curug Pulosari ini dengan mendengarkan gemercik aliran air dari air terjun yang indah. 

DESA WISATA TEMBI

Desa Wisata Tembi

Kabupaten Bantul juga memiliki beberapa Desa wisata yang terkenal yaitu DESA WISATA TEMBI yang terletak di desa Timbulharjo Kecamatan Sewon. Desa wisata ini sering menjadi pilihan dari pawa wisatawan karena terdapat beberapa fasilitas rekreasi dan dilengkapi dengan homestay apabila wisatawan akan menginap di Desa Wisata Tembi.

KAMPUNG BATIK GIRILOYO 

Kampung Batik Giriloyo

Merupakan Desa atau kampung yang banyak menghasilkan karya Batik. Karya-karya batik inilah yang menjadi keunikan desa ini. Penduduk di desa ini mayoritas mempunyai keahlian dalam membatik secara turun-temurun. Di Kampung Batik Giriloyo ini juga terdapat tempat untuk belajar membuat Batik tulis bagi wisatawan.


REFERENSI

https://desawisatabantul.com/ 
https://data.bantulkab.go.id/ 
https://travel.kompas.com/read/2022/02/08/160400127/7-wisata-alam-bantul-dengan-panorama-yang-indah?page=all
https://jogja.idntimes.com/travel/destination/dyar-ayu/wisata-di-imogiri-bantul-c1c2 
https://kumparan.com/seputar-yogyakarta/4-tempat-wisata-di-bantul-jogja-yang-ramah-keluarga-21Y6fEuZx9A

Share:
Copyright © Perpustakaan Wijaya Bhakti | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com