• PERPUSTAKAAN WIJAYA BHAKTI

    Selamat datang di website Perpustakaan Wijaya Bhakti SMA Negeri 1 Sewon. Pada website ini Anda dapat mengetahui profil, jenis-jenis layanan, dan katalog online (OPAC) di Perpustakaan Wijaya Bhakti.
  • SMA NEGERI 1 SEWON

    Silakan sampaikan kritik dan saran Anda yang bersifat membangun melalui kolom komentar dan sosial media perpustakaan demi kemajuan Perpustakaan Wijaya Bhakti.
  • NPP : 3402151E1000001

    Terima kasih atas kunjungan Anda. Kami berharap dengan adanya website ini dapat memberikan manfaat bagi Anda.

Kamis, 09 Mei 2024

TERE LIYE: SASTRAWAN LEGENDA FAVORIT ANAK MUDA

 “NOVEL adalah sebuah karya fiksi yang menawarkan sebuah dunia, dunia yang berisi model kehidupan yang diidealkan, dunia imajinatif, yang dibangun melalui berbagai unsur intrinsiknya seperti peristiwa, plot, tokoh (dan penokohan), latar, sudut pandang, lain-lain yang juga bersifat imajinatif,” menurut Nurgiyantoro (2012:4). 

https://pin.it/93ZeWZGb6

Darwis atau yang lebih dikenal sebagai Tere Liye, adalah sosok penulis novel terkenal serta akuntan asal Sumatera Selatan, Indonesia. Menginjak kepala empat, Tere Liye lahir pada tanggal 21 Mei 1979. Ia dikenal sebagai penulis misterius yang ingin karyanya lebih dikenal daripada dirinya sendiri. Bahkan penggemar novelnya pun sering kali salah mengira bahwa Tere Liye adalah perempuan karena ia tidak suka membagikan kehidupan pribadinya ke publik. 

Memulai debut menulisnya di tahun 2005, kini Tere Liye telah menerbitkan lebih dari 50 novel dalam sepanjang kariernya. Karyanya begitu digemari anak muda karena tema-tema novelnya yang berkaitan dengan kehidupan mereka terutama tentang percintaan. Kalimat yang tercantum dalam novelnya sering kali menjadi inspirasi dan juga motivasi. Berikut merupakan 5 karya novel Tere Liye yang paling populer, diantaranya Tentang Kamu, Negeri Para Bedebah, Hujan, Serial Bumi, dan Rembulan Tenggelam di Wajahmu. 

Tentang Kamu

https://www.gramedia.com/products/tentang-kamu-1

Novel yang pertama kali terbit pada 2016 ini merupakan salah satu novel best seller di Indonesia. Tentang Kamu bercerita tentang perjuangan Zaman Zulkarnaen, seorang pengacara muda yang ditugaskan untuk menangani kasus harta waris Sri Ningsih, seorang wanita kaya raya asal Indonesia berkebangsaan Inggris. Namun, Zaman menjumpai kesulitan dalam memecahkan permasalahan harta waris Sri Ningsih lantaran wanita itu tidak meninggalkan surat wasiat.

Negeri Para Bedebah

https://www.gramedia.com/products/negeri-para-bedebah-1

Terbit pada tahun 2021, mengusung genre kriminal dengan tema perekonomian global, rekayasa keuangan, mafia hukum, dan hal-hal gelap lainnya. Cerita berpusat pada tokoh bernama Thomas, seorang konsultan keuangan profesional yang misterius. Suatu hari, Thomas dimintai tolong oleh pamannya, Liem Soerja, yang nyaris ditangkap polisi akibat tersandung masalah keuangan. Meski membenci Liem, Thomas akhirnya mau membantu pamannya itu. Usai kejadian tersebut, banyak pihak yang berusaha mengambil keuntungan dari kemalangan Liem, membuat Thomas harus memutar otak untuk menyelamatkan bisnis pamannya.

Hujan

https://www.gramedia.com/products/hujan-2

Novel yang terbit pada 2016 juga menjadi salah satu novel best seller di Indonesia. Hujan bercerita tentang pertemuan dua anak korban bencana gunung meletus, Esok dan Lail. Dikisahkan, letusan gunung berapi itu memusnahkan sebagian besar umat manusia dan hanya menyisakan sekitar 10 persen populasi di Bumi. Bersama-sama, Esok dan Lail berusaha melanjutkan hidup usai kejadian traumatis yang mereka lalui.

Serial Bumi

https://www.gramedia.com/blog/cara-baca-novel-serial-bumi-tere-liye-untuk-kamu-yang-mau-ikuti-ceritanya

Novel-novel ini mengusung genre fantasi. Serial Bumi menjadi salah satu seri novel yang paling laris di Indonesia. Novel ini bercerita tentang petualangan tiga sekawan, Raib, Seli, dan Ali, di dunia paralel. Masing-masing dari mereka memiliki kemampuan luar biasa yang menjadi bekal mereka dalam menjelajahi dunia paralel.

Rembulan Tenggelam di Wajahmu

https://www.gramedia.com/products/rembulan-tenggelam-di-wajahmu-1

Novel yang pertama kali terbit pada 2009 ini mengangkat tema seputar kehidupan beserta problematikanya. Novel ini mengisahkan kehidupan seorang anak bernama Ray yang mempunyai lima pertanyaan dalam hidupnya. Ray merupakan seorang anak yatim-piatu yang tinggal di panti asuhan. Karena kerap mendapatkan perlakukan kurang menyenangkan dari pengurus panti, Ray memutuskan untuk kabur. Ray memulai kehidupan baru di luar panti dan berhasil menjadi orang kaya. Pada suatu titik di hidupnya, Ray jatuh sakit dan diingatkan kembali dengan lima pertanyaan dalam hidupnya.


REFERENSI

https://narasi.tv/read/narasi-daily/rekomendasi-novel-tere-liye

Share:
Copyright © Perpustakaan Wijaya Bhakti | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com