• PERPUSTAKAAN WIJAYA BHAKTI

    Selamat datang di website Perpustakaan Wijaya Bhakti SMA Negeri 1 Sewon. Pada website ini Anda dapat mengetahui profil, jenis-jenis layanan, dan katalog online (OPAC) di Perpustakaan Wijaya Bhakti.
  • SMA NEGERI 1 SEWON

    Silakan sampaikan kritik dan saran Anda yang bersifat membangun melalui kolom komentar dan sosial media perpustakaan demi kemajuan Perpustakaan Wijaya Bhakti.
  • NPP : 3402151E1000001

    Terima kasih atas kunjungan Anda. Kami berharap dengan adanya website ini dapat memberikan manfaat bagi Anda.

Jumat, 23 Februari 2024

MENAMBAH WAWASAN DENGAN SERING MEMBACA SASTRA NON FIKSI

Temen-temen pernah dengar? ternyata dengan sering membaca karya sastra nonfiksi dapat menambah wawasan kita. Tidak hanya menambah wawasan saja, banyak manfaat lain yang bisa kamu dapat ketika kamu sering membaca karya sastra nonfiksi. Lalu, apa itu karya sastra nonfiksi? Kenapa dapat memberi banyak manfaat untuk kita? 

https://pin.it/31PFefMdc

Teks nonfiksi adalah suatu tulisan yang memuat informasi yang berdasarkan data, fakta, kejadian yang sebenarnya, memiliki bahasa denotatif sehingga mudah dimengerti (Nursyaidha,2023). Bisa dibilang karya sastra nonfiksi merupakan sastra yang ditulis berdasarkan fakta yang kebenarannya dapat dipertanggungjawabkan oleh penulis. Dikutip dari GRAMEDIA.COM, bentuk karya nonfiksi yang sering kita temui adalah: 

BIOGRAFI 

https://pin.it/1ucSi0gIo

Merupakan tulisan yang berisi perjalanan hidup seseorang baik ditulis sendiri maupun ditulis oleh orang lain. Tulisan ini dapat dikategorikan sebagai nonfiksi karena isinya sebuah kenyataan, tidak dikhayal, dan berdasarkan kehidupan aslinya. Ternyata membaca teks biografi dapat bermanfaat bagi kita untuk mengenal tokoh-tokoh lebih dalam dan bisa menghargai tokoh sesuai dengan perjuangannya.

ESAI 

https://pin.it/4JWyZBP8y

Di sini, siapa yang sudah pernah mendapatkan tugas esai dari guru? Ada yang masih ingat apa itu esai? Esai merupakan sebuah karangan atau tulisan yang membahas suatu tema dari sudut pandang pribadi penulis. Teks esai memiliki banyak manfaat terutama bagi para pelajar, salah satunya sebagai pengguggah pemikiran dan memberikan pandangan mengenai suatu permasalahan.

KARYA TULIS ILMIAH 

https://pin.it/5HjHvOYdq

Temen-temen pasti tidak asing dengan Karya tulis ilmiah. Karya tulis ilmiah merupakan hasil karya yang diperoleh dari kegiatan menulis dengan menerapkan konvensi ilmiah contohnya seperti skripsi, tesis,makalah, jurnal, artikel hasil penelitian, dan kertas kerja. KTI atau karya tulis ilmiah memiliki manfaat sebagai sumber bacaan bagi siswa dan sarana edukasi dalam menyebarkan kebenaran ilmu tertentu.

CATATAN DOKUMENTAR 

https://pin.it/74hbiMfc

Atau cerita sejarah merupakan tulisan yang bercerita tentang masa lalu suatu objek. Catatan dokumentar dapat dikategorikan sebagai sastra nonfiksi karena tulisan ini menceritakan kejadian yang sudah berlalu berdasarkan fakta dan data. Catatan dokumentar bermanfaat untuk memberikan kesempatan untuk memahami pengalaman seseorang dan memperluas wawasan kita mengenai banyak hal. 

Sastra nonfiksi merupakan sebuah karya tulis yang bersifat fakta dan tidak berdasarkan imajinasi. Jenis-jenis sastra nonfiksi ada biografi yang merupakan tulisan berisi perjalanan hidup seseorang, Esai yang merupakan tulisan yang membahas suaru tema dari sudut pandang penulis, karya tulis ilmiah yang merupakan karya yang diperoleh dari kegiatan menulis dengan menerapkan konveksi ilmiah dan yang terakhir ada catatan dokumentar yang merupakan cerita sejarah tentang masalalu suatu objek. 


Daftar Pustaka 

Nursyaidha (2023). Peningkatan Pemahaman Materi Teks Nonfiksi Menggunakan Media Sway Office 36. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar 7(1), 347  
Rahma Fiska. Cerita Nonfiksi: Pengertian, Ciri, Jenis, Cara Membuat, Dan Contoh. https://www.gramedia.com/literasi/cerita-nonfiksi/  
Share:
Copyright © Perpustakaan Wijaya Bhakti | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com