• PERPUSTAKAAN WIJAYA BHAKTI

    Selamat datang di website Perpustakaan Wijaya Bhakti SMA Negeri 1 Sewon. Pada website ini Anda dapat mengetahui profil, jenis-jenis layanan, dan katalog online (OPAC) di Perpustakaan Wijaya Bhakti.
  • SMA NEGERI 1 SEWON

    Silakan sampaikan kritik dan saran Anda yang bersifat membangun melalui kolom komentar dan sosial media perpustakaan demi kemajuan Perpustakaan Wijaya Bhakti.
  • NPP : 3402151E1000001

    Terima kasih atas kunjungan Anda. Kami berharap dengan adanya website ini dapat memberikan manfaat bagi Anda.

Kamis, 18 Januari 2024

KEAJAIBAN SASTRA FIKSI YANG MENGUATKAN IMAJINASI

https://pin.it/1IKrPCaCA

Karya sastra fiksi merupakan suatu sastra yang sangat luas dengan genre berupa kisah yang terbentuk berdasarkan imajinasi dari penulisnya. Kata fiksi sendiri mempunyai makna sebagai sebuah cerita rekaan yang tidak berdasarkan kenyataan. Beberapa contoh karya fiksi antara lain novel, cerpen, roman, dan lain sebagainya.  

Dikutip dari laman LIPUTAN6.COM, karya fiksi banyak digemari oleh masyarakat karena kisahnya yang dapat membenamkan pembaca ke dalam pengalaman yang belum pernah dialami dalam kehidupan nyata, bahkan tidak sedikit karya fiksi yang menceritakan pengalaman yang tidak dapat dilogika dan tidak ada dalam kehidupan nyata sehingga membuat pembaca merasa tertarik untuk mengetahui jalan cerita dari suatu karya fiksi. Luasnya pengembangan cerita dari karya fiksi tersebut dikarenakan kisah yang terdapat dalam suatu karya fiksi sepenuhnya didasarkan pada imajinasi dari penulis yang sangat luas dan tidak terbatas.

CERITA PENDEK

https://pin.it/1qWy70xmC

Salah satu jenis karya sastra yang sangat banyak diciptakan adalah cerita pendek atau cerpen. Cerita pendek merupakan karya sastra yang menceritakan sebuah kisah secara singkat akan tetapi pesan dari kisah tersebut tetap tersampaikan kepada pembaca. Meskipun singkat, cerpen memiliki daya tarik tersendiri bagi pembaca, salah satunya yaitu dapat dibaca dalam sekali duduk sehingga tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk membaca dan mengetahui keseluruhan cerita.

NOVEL

https://pin.it/4uk4ySLwW

Novel merupakan jenis karya sastra yang lebih panjang dari cerpen dan memuat rangkaian cerita dari kehidupan suatu tokoh secara lebih luas. Dikarenakan ceritanya yang cukup panjang, novel biasanya dikemas dalam bentuk buku untuk satu judul novel. Pada sebuah novel fiksi, tokoh, alur, latar waktu, tempat, dan lain sebagainya sepenuhnya berdasarkan imajinasi atau karangan dari penulis.

ROMAN

https://pin.it/1qWy70xmC

Roman merupakan bentuk karya fiksi berupa cerita mengenai suatu tokoh dalam sebuah alur cerita. Pada alur cerita tersebut, penulis menyiratkan pesan moral atau hikmah yang dapat dipahami oleh pembaca. Pesan moral atau hikmah dalam sebuah karya roman sering berkaitan dan sesuai dengan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari dari pembacanya sehingga karya roman ini sangat diminati oleh banyak orang.

Karya sastra fiksi memiliki kekuatan untuk membawa pembaca menuju dunia baru dan membuka pandangan secara lebih luas serta menghidupkan imajinasi dari pembacanya. Karya fiksi tidak hanya sebuah karya yang memiliki tujuan untuk menghibur pembaca tetapi juga merupakan sarana bagi penulis untuk mengekspresikan diri secara artistik. Hal tersebut dikarenakan karya fiksi memiliki nilai seni yang tidak ternilai.

Share:
Copyright © Perpustakaan Wijaya Bhakti | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com